7 Usaha Sampingan Mahasiswa Menguntungkan

7 Usaha Sampingan Mahasiswa Menguntungkan
7 Usaha Sampingan Mahasiswa Menguntungkan

Menjadi seorang mahasiswa bukan menjadi alasan untuk tidak memiliki sebuah usaha. Banyak mahasiswa yang lebih memilih untuk meminta sejumlah uang dibanding menjalani usaha sampingan. Padahal jika dijalankan dengan baik, hasil usaha tersebut cukup menguntungkan dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Usaha sampingan bisa dilakukan pada saat libur kuliah atau bahkan saat masuk kuliah sekalipun. Waktunya yang fleksibel, tidak akan mengganggu kegiatan utamanya.

7 Usaha Sampingan Mahasiswa Menguntungkan


Berbagai usaha sampingan bisa dicoba bagi anda yang masih berstatus mahasiswa. Meski sering dianggap remeh, keuntungan besar bisa didapatkan jika usaha tersebut dijalani dengan serius. Berikut ada 7 usaha sampingan mahasiswa menguntungkan yang bisa anda jalani.

1. Usaha Jasa Fotografi

Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, usaha jasa fotografi juga mengalami peningkatan yang signifikan. Banyak orang membutuhkan jasa ini, biasanya untuk dokumentasi acara, foto produk dan lainnya. Untuk menjalankan usaha ini ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti kamera, lensa tambahan, lampu studio dan lain sebagainya. Jasa fotografi untuk prewedding biasanya mematok biaya Rp. 1.000.000 - Rp. 5.000.000, tergantung dari berapa lamanya sesi foto itu sendiri.

2. Usaha Dropship

Usaha dropship bisa dibilang bisnis tanpa modal. Pernyataan itu memang tak salah, karena pada dasarnya seseorang yang menjalankan usaha ini tidak perlu menyetok barang yang akan dijual. Usaha ini cocok bagi anda yang memang malas keluar rumah karena bisa dijalankan melalui smartphone saja. Anda tinggal memasarkan barang orang melalui media sosial, kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dari harga dari penyedia barang.

3. Usaha Jasa Desain Grafis

Kreatifitas menjadi salah satu kunci untuk sukses menjalankan usaha jasa desain grafis. Berbagai keperluan membutuhkan jasa ini seperti pembuatan logo, banner hingga desain kartu nama. Untuk mendapatkan pelanggan, media sosial bisa dijadikan alat untuk promosi gratis. Pasarnya pun tidak terbatas hanya di Indonesia saja, banyak website luar negri yang bisa digunakan untuk mempromosikan jasa desain grafis ini.

4. Usaha Jasa Web Developer

Banyak pelaku usaha membutuhkan website untuk mempromosikan jasa atau produk mereka. Hal itu membuka peluang anda untuk menawarkan jasa web developer. Media sosial dan forum-forum di internet bisa dijadikan media untuk promosi. Prospek usaha ini cukup menjanjikan, keuntungan Rp. 500.000 - Rp. 5.000.000  bisa di dapatkan dalam satu project saja.

5. Usaha Jualan Barang Bekas

Sebagian orang mungkin akan meremehkan usaha yang satu ini. Barang bekas kerap dianggap sampah yang tidak ada harganya. Tapi itu adalah penyataan yang salah, barang bekas masih layak pakai masih bisa untuk dijual kembali. Saat ini sedang ramai-ramainya usaha jualan sneakers original bekas. Ini bisa menjadi salah satu usaha sampingan menguntungkan yang bisa dijalankan mahasiswa.

6. Usaha Kaos Distro

Untuk menjakankan usaha ini, memang membutuhkan sejumlah modal untuk biaya produksi, sewa kios dan sebagainya. Namun modal tersebut masih bisa ditekan dengan mempromosikan kaos distronya melalui internet, jadi tidak perlu menyewa kios. Apalagi bagi anda yang  berstatus mahasiswa, pastinya  memiliki banyak teman. Hal itu akan memudahkan untuk menjual kaos distro milik anda.

7. Usaha Jualan Pulsa dan Paket Internet

Selain modal yang dibutuhkan tidak banyak, usaha jualan pulsa dan paket internet sangat mudah untuk dilakukan. Bermodal sejumlah uang dan smartphone android, usaha menguntungkan ini sudah bisa dijalankan. Semua orang pasti membutuhkan produk yang satu ini, jadi tidak sulit untuk mendapatkan pembeli.

Itulah 7 usaha sampingan mahasiswa menguntungkan yang bisa dijalankan oleh mahasiswa. Usaha ini bisa dijalankan tanpa mengganggu kegiatan perkuliahan anda sehari-hari. Saat sudah berjalan, keuntungan dari usaha itu mungkin cukup untuk membayar kuliah dan kehidupan sehari-hari.