7 Usaha Sampingan Mahasiwa Modal Kecil


Sebagai mahasiswa tentu membutuhkan banyak biaya yang banyak untuk menghidupi kesehariannya. Mereka harus memiliki semangat dan mau berinovasi untuk bisa mendapatkan sejumlah uang yang nantinya digunakan untuk bayar kuliah, biaya makan minum dan bayar kos bulanan. Namun yang namanya mahasiswa pasti memiliki kesibukan tersendiri, sehingga waktunya banyak dihabiskan untuk mengurus kuliahnya. Dengan semangat dan mau berinovasi tadi mahasiswa bisa mencoba usaha-usaha sampingan yang cocok untuk mahasiswa, tentunya dengan modal kecil.

Usaha-usaha ini bisa dijalankan mahasiswa saat waktu luang mereka. Waktunya fleksibel dan bisa dilakukan dimanapun. Rekan-rekan di perkuliahan bisa dijadikan salah satu target pasar usaha yang akan dijalankan. Inilah 7 usaha sampingan mahasiswa modal kecil yang patut untuk dicoba.

1. Usaha Jasa Pengetikan

Usaha yang satu ini tergolong mudah untuk dilakukan. Bermodal laptop, usaha jasa pengetikan sudah bisa dijalankan. Sebagai mahasiswa pasti akan selalu mendapatkan tugas yang rata-rata harus diketik. Jasa ini tentu sangat dibutuhkan oleh mahasiswa yang sibuk dengan urusan lain sehingga tidak memiliki waktu untuk mengetik. Hal inilah yang menjadikan usaha pengetikan memiliki prospek yang baik jika ditargetkan untuk mahasiswa.

2. Usaha penjualan Pulsa Elektrik

Untuk menjalankan usaha ini tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Selain mudah dijalankan, usaha penjualan pulsa elektrik bisa dibilang bisnis tanpa rugi. Keuntungan yang bisa didapat dalam sekali penjualannya berkisar 500-2000 rupiah. Meski terbilang kecil, jika dalam satu hari mendapat minimal 10 kali transaksi saja, untungnya sudah lumayan. Itung-itung buat nambah uang saku dan makan sehari-hari.

3. Usaha Jasa Pembuatan Website

Memiliki kemampuan programming menjadi salah satu keistimewaan seorang mahasiswa. Saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa ini untuk mengerjakan project yang sedang mereka jalankan. Jasa ini bisa dengan mudah dipromosikan melalui internet. Usaha ini hanya memerlukan keahlian dalam programming dan tentunya perangkat laptop itu sendiri. Dibeberapa jasa pembuatan website, harga yang dipatok berkisar 500.000 - 2.000.000 rupiah.

4. Usaha Jasa Desain Grafis

Perkembangan industri digital membuat jasa desain grafis banyak dicari. Saat ini perusahaan banyak memilih untuk mempekerjakan freelancer dibanding karyawan tetap. Hal itu membuat waktu yang digunakan untuk bekerja relatif fleksibel. Selain skill ada beberapa software yang harus disiapkan seperti Photoshop.

5. Usaha Bimbingan Belajar (Bimbel)

Mengandalkan ilmu yang dimiliki, usaha bimbingan belajar bisa dijalankan dengan mudah. Sangat disayangkan jika seorang mahasiswa yang memiliki kepandaian tidak memanfaatkannya untuk usaha seperti ini. Sekarang banyak orangtua yang lebih mempercayakan anaknya untuk belajar di bimbel. Itu menjadi peluang besar bagi mahasiswa untuk bisa mendapatkan sejumlah uang dari usaha ini.

6. Usaha Jual Beli HP Bekas

Hampir semua orang membutuhkan yang namanya handphone. Akan tetapi harganya yang tinggi menjadi salah satu kendala bagi mereka untuk memiliki barang elektronik ini. Masalah ini bisa menjadi peluang untuk menjalankan bisnis jual beli HP bekas. Untuk mencari hp bekas dengan kualitas yang masih bagus dan harganya murah tidaklah mudah. Banyak orang menjual hp bekas mereka di forum-forum jual beli di media sosial.

7. Usaha Jualan Makanan Kecil

Banyak mahasiswa yang malas untuk pergi ke kantin karena lokasinya yang jauh. Hal ini bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan, salah satunya jualan makanan kecil. Makanan kecil biasanya banyak dicari mahasiswa untuk menemani mereka saat mengerjakan tugas. Sehingga tidak sulit untuk mempromosikan makanan kecil tersebut.

7 usaha sampingan mahasiswa modal kecil di atas jika dijalankan dengan baik bukan tidak mungkin akan menjadi usaha anda dimasa mendatang. Karena pada dasarnya semua hal besar dilakukan dari hal yang kecil bahkan dianggap remeh.