Apa Perbedaan Menabung Dan Investasi?

Secara pandangan awam menabung dan investasi sebanarnya sama saja karena menyimpan uang disuatu tempat yang dirasa aman untuk ditarik dan digunakan dikemudian hari. Namun secara pandangan ekonomi menabung dan investasi jelas adalah langkah yang berbeda.

Perbedaan menabung dan investasi

Devinisi Menabung

Menabung adalah rutinitas menyisihkan sejumlah uang dan disimpan pada tempat tertentu dan dapat diambil kapan saja saat dibutuhkan.


Devinisi Investasi

Investasi dikenal juga sebagai tanam modal yang mana mengeluarkan modal untuk membeli barang tertentu berharap harga jualnya beberapa tahun kedepan bisa lebih mahal.

Lalu apa saja perbedaan menabung dan investasi?

1. kemudahan Akses

Investasi adalah cara tanam modal sejumlah uang kamu sehingga kamu tidak dapat menariknya kapan saja kamu mau, karena ketentuan untuk mengambil hasil investasi berdasrkan priode atau misalnya tanah yang kamu gunakan sebagai investasi uang terjual. Berbeda dengan menabung yanh lebih fleksibel bisa mengambilnya kapan saja kamu mau, apalagi kini sudah ada yang namanya Anjungan Tunai Mandiri (ATM) jadi lebih muda untuk mengambil uang tabungan dimana pun kamu berada.


2. Resiko

Sudah menjadi rahasia umum bahwa keuntungan investasi jauh lebih besar daripada menabung di Bank yang hanya diberikan suku bunga beberapa persen saja. Tapi keuntungan yang ditawarkan investasi ini juha sebanding dengan resiko cukup besar, contohnya jika kamu ber-investasi dalam bentuk saham resiko dana investasi akan hilang jika kalah dengan investor lain. Lain halnya dengan menabung di Bank bisa dikatakan sangat minim resiko, pasalnya lihak Bank akan bertanggung jawab sepenuhnya atas tabungan kita bahkan dalam keadaan Bank kecurian.


3. Bentuk

Tabungan umumnya berbentuk sejumlah uang yang disetorkan kepada pihak Bank untuk dimasukan ke rekening tabungan. Sedangkan investasi memiliki berbagai macam bentuk seperti rumah, tanah, mobil, logam mulia dan reksadana.


4. Fungsi

Investasi akan berfunsi untuk memenuhi kebutuhan kita karena keuntungan aset investasi sedangkan tabungan adalah uang yang hanya dapat dialokasikan sewaktu-waktu kita butuh.

Kelemahan Investasi

Investasi haruslah memiliki pemahaman dan skil yang matang karena mengingat resiko kerugian sangat besar. Misalnya kamu ber-investasi sebuah rumah menjual sebuah rumah tidak membutuhkan waktu yang sebentar jika kamu sedang perlu uang begitu pula ber-investasi saham kamu memiliki resiko kehilangan uang atau modal apabila perusahaan tersebut bangkrut.


Kelemahan Menabung

Kelemahan menabung di Bank ialah saat kita ingin menarik tabungan melalui ATM hanya dibatasi maksimal penarikan Rp 5 sampai 10 juta rupiah. Selain itu suku bunga menabung di Bank sangatlah kecil hingga terkadang jumlah uang kita di Bank hanya berkurang karena biaya administrasi setiap bulannya lebih besar dibanding suku bunganya.

Jadi Lebih Menguntungkan Mana?

Ya jelas investasi lebih menguntungkan jika kamu memiliki pemahaman dan skil tapi jika kamu tidak ingin resiko yang besar menabung bisa jadi pilihan kedua.

Jadi itulah perbedaan menabung dan investasi, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.