Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Bagi Anak SMA?

Masa SMA atau remaja adalah masa dimana keinginan untuk memiliki sesuatu sangat menggebu-gebu, hal ini masuk dalam ilmu ekonomi bahwa kebutuhan manusia bisa dikatakan tidak terbatas adanya.  Seorang yang tidak dapat merealisasikan keuangannya dengan baik bisa saja membuat orang tersebut mengalami stres karena kebutuhan penting yang harus dipenuhi, dampak dari tidak tahu membedakan mana skunder, primer, dan tersier.

Cara mengelola keungan untuk anak SMA

Mengatur keuangan memang susah-susah gampang apalagi bagi anak Sekolah Menengah Atas (SMA), tapi asal ada komitmen dalam hati yang kuat pasti bisa terlaksana. Mengingat mengatur keuangan perlu bagi anak SMA untuk meminimkan resiko masalah ekonomi, yuk langsung saja simak artikel tentang mengatur keuangan bagi anak SMA berikut ini.

1. Hargai Uang Receh

Yang pertama ini banyak disepelehkan apalagi anak SMA usia remaja, tentang banyak perilaku seseorang tidak menghargai uang yang nilai kecil. Tips pertama untuk mengelola keuangan kamu adalah dengan menghargai uang receh atau nilainya kecil. Kamu bisa menyimpannya dalam celengan atau kaleng bekas susu bayi, nah bayangkan saja setiap menerima kembalian uang recehan dari belanja kamu masukan kedalam celengan tersebut dalam beberapa tahun kedepan pasti jumlahnya akan menuai angka yang cukup besar.


2. Cari Uang Tambahan

Untuk mengelola keuangan anak SMA saat ini sudah bisa melakukan banyak hal untuk menghasilkan uang saku seperti jadi dropshiper barang online, freelancer, ojek online dan lainnya yang semuanya bisa di lakukan tanpa terikat dan mengganggu jam sekolah. Hal ini dilakukan oleh Sarah Viloid, anak SMA yang menjadi youtuber game pada saat usianya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah bisa beli rumah dengan uang hasil keringatnya sendiri.


3. Buat Rekening Tabungan

Nah cara yang ketiga untuk mengelola keuangan anak SMA ialah dengan membuat rekening tabungan. Hal ini biasanya lebih meningkatkan komitmen seseorang untuk menabung, buatlah buku tabungan yang tidak disertai dengan ATM, agar kamu tidak tergiur untuk menarik uang karena kemudahannya.


4. Disiplin

Dalam mengatur keuangan memang gampang-gampang susah, jadi sikap disiplin sangat diperlukan dalam mengelola keuangan. Sikap disiplin dalam mengelola keuangan seperti disiplin menabung, disiplin tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting.


5. Kendalikan Pengeluaran Uang

Berikutnya adalah dengan mengendalikan pengeluaran uang, pandai-pandailah dalam mengetahui mana kebutuhan sekunder, primer dan tersier. Perbedaan dari ketiga kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut
Kebutuhan Primer
Kebutuhan Primer adalah kebutuhan manusia yang mangharuskannya untuk memenuhi, kebutuhan Primer ini bisa diambil contoh seperti pangan, sandang, papan.

Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan setelah kebutuhan Primer, kebutuhan Sekunder ini bisa diambil contoh seperti rekreasi dan pendidikan.

Kebutuhan Tersier
Kebutuhan Tersier adalah kebutuhan yang tidak mengharuskan manusia untuk dipenuhi seperti mobil dan motor.
Jadi lebih utamakan pengeluaran hanya untuk kebutuhan yang benar-benar penting, bisa saja melakukan pengeluaran untuk kebutuhan tersier asalkan kebutuhan primer sudah penuh tercukupi.

Nah itulah cara bagaimana mengelola keuangan bagi anak SMA, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.