Cara Hemat Pengeluaran Bagi Anak SMA

Masa remaja atau SMA memang adalah masa dimana punya banyak sekali kebutuhan dan pengeluaran seperti buku tulis, biaya sekolah hingga pengeluaran saat keluar nongkrong bersama teman-teman. Semua anak SMA pasti merasakan dan megalami hal tersebut, apalagi diakhir bulan tunggu kiriman orang tua tak kunjung tiba terpaksa harus makan mie intsan terus deh.

Cara hemat pengeluaran bagi anak SMA

Nah bagi kamu yang masih duduk dibangku Sekolah Mengah Atas (SMA) yang selalu merasa uang jajan kamu tidak cukup, sebaiknya kelolah keuangan kamu salah satunya dengan cara menghemat pengeluaran. Bagaimana cara menghemat pengeluaran? tenang saja kami punya tips yang bisa kamu terapkan agar pengeluaran kamu terkontrol, yuk langsung saja simak artikel berikut ini.


1. Jangan Beli Barang Implusif

Beli barang secara Implusif dapat diartikan dengan membeli barang hanya sesuai keinginan bukan sebagai kebutuhan. Membeli barang implusif ini banyak berada pada diri anak usia remaja atau SMA, niatnya pergi kepusat perbelanjaan untuk cuci mata tapi ujung-ujungnya malah beli barang yang tidak masuk dalam kategori sebagai kebutuhan.

Beli barang secara implusif atau diluar kebutuhan sebenarnya boleh-boleh saja jika uang jajan kamu yang ditargetkan misalnya untuk satu bulan, tapi masih ada lebih boleh digunakan.


2. Sebaiknya Beli Buku Bekas

Sudah menjadi rahasia umum jika buku pelajaran harganya memang terkadang melampaui perkiraan harga kita sebelum membelinya. Tapi untuk menghemat pengeluaran ini kamu punya cara alternatif lain salah satu caranya adalah dengan membeli buku pelajaran saja. Buku bekas pelajaran bisa kamu beli sama kakak kelas kamu sebelumnya, bahkan kamu bisa mendapatkannya secara gratis jika kakak kelas kamu baik untuk memberi buku pelajaran bekasnya.


3. Lakukan Pencatatan Pengeluaran

Pasti kan keasikan cabut-cabut uang didompet, eh tau taunya udah habis banyak. Pengeluaran yang banyak terjadi salah satu penyebabnya karena tidak terkontrolnya jumlah serta dibawah alam sadar kita saat melakukan pengeluaran.
Jadi sebaiknya catatlah pengeluaran rutin kamu seperti sewa kos, listrik, air, wifi dan lain sebagainya agar keuangan kamu lebih terkontrol.


4. Bijak Dalam Belanja Makanan

kebutuhan untuk maka memanglah pengeluaran yang paling banyak bagi anak SMA yang tidak tinggal bersama orng tua atau hanya nge-kost saja. Jadi jika kamu tidak bijak dalam belanja makanan tidak menutup kemungkinan uang jajan kamu sudah habis diluan sebelum target penggunaan uang jajan tersebut sampai. Bijak dalam belanja makanan sendiri bisa kamu terapkan seperti salah satu contohnya masak sendiri daripada harus makan diluar tentunya akan menambah jumlah pengeluaran daripada makan di kost.


5. Hemat Uang Transportasi

Ada banyak cara untuk hemat transportasi bagi anak SMA untuk kesekolah seperti pilih kost yang dekat sekolah agar bisa ditemuh hanya dengan jalan kaki, gunakan kendaraan umum, nebeng sama teman sekolah atau bisa pakai bus sekolah yang sudah disediakan pemerintah.


6. Pakai Diskon Pelajar

Kini sudah banyak transportasi umum, tiket-tiket event musik, warung makan dan lainnya memberikan diskon beberapa persen dari harga biasanya untuk para pelajar. Diskon untuk pelajar ini biasanya tidak diiklankan jadi kamu harus tanya dulu misalnya sedang makan diwarung tanya dulu apakah ada diskon untuk pelajar.


7. Diam Dirumah

Wah walaupun yang terakhir ini sulit untuk diterapkan tapi faktanya keluar rumah atau kost untuk pergi nongkrong dicafe, mall, atau taman pastinya akan menambah pengeluaran kamu. Jadi diam dirumah memang bisa jadi salah satu alternatif lain untuk mengontrol pengeluaran.

Nah itulah tadi 7 Cara hemat pengeluaran bagi anak SMA semoga artikel ini berguna untuk kita semua.