Cara Menabung Untuk Membeli Barang Impian

Semua orang pasti punya barang impian yang tentu salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menabung gaji atau uang jajan dengan nominal tertentu. Menabung memang sebenarnya susah-susah gampang tapi jika kamu memiliki komitmen yang tinggi bukan kata mustahil bisa membeli barang impianmu seperti mobil, motor, handphone, laptop dan lainnya suatu saat nanti.

Cara menabung untuk membeli barang impian


Nah bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara menabung agar cepat capai target untuk membeli barang impian, tenang saja kami akan berikan cara menabung yang bisa kamu terapkan untuk membeli barang impian. Penasaran kan? yuk langsung saja simak artikel berikut ini.


1. Pilih Sistem

Untuk menabung langkah pertamanya adalah memilih sitem atau dimana uang tabungan-mu akan kamu simpan, apakah di bank, celengan, atau bisa juga dengan menabung dengan emas. Menabung di bank memiliki kelebihan tingkat keamanan uang terjaga sedangkan menabung dicelengan banyak orang merasa lebih simpel, jadi pilihlah sistem tabungan yang menurut kamu bagus dan cocok agar lebih giat dalam menabung.


2. Tentukan Harga Barang Impian

Langkah kedua adalah tentukan harga barang impian dan target dalam jangka waktu berapa lama kamu ingin mendapatkannya. Jadi misalnya kamu impian sebuah smartphone yang harganya Rp. 2.500.000 dan segera ingin memilikinya tahun depan atau 365 hari kedepan. Jadi Harga barang Rp. 2.500.000 dibagi jumlah hari 365, jadi untuk mendapatkan barang impian kamu pada tahun depan kamu harus menyisihkan uang jajan atau pendapatan kamu dalam sehari Rp. 7000.


3. Motivasi dan Komitmen Tinggi

Buatlah komitmen yang dalam pada diri, karena seperti yang sudah saya singgung tadi menabung adalah hal yang susah bagi orang yang tidak memiliki komitmen. Selain komitmen buat dirimu selaly termotivasi untuk menabung salah satu caranya adalah menempel barang impian-mu di kamar atau ganti walpaper smartphone-mu dengan barang impian agar setiap kali melihat gambar tersebut kamu selalu termotivasi dan membangun semangat dalam diri kamu untuk tekun menabung.


4. Jangan Utak-Atik Gaji

Bagi kamu yang kerja kantoran atau seseorang yang memiliki gaji bulanan sebaiknya setiap kali menerima gaji agar langsung mengelompokkan uang untuk keperluan tertentu. Pengelompokkan uang ini seperti perkiraan biaya hidup kamu sampai gajian berikutnya, beberapa persen dari gaji untuk biaya yang tak terduga, lalu setelah itu langsung transfer ke rekening tabungan.


5. Buat Dua Rekening

Buatlah dua rekening tabungan, satunya untuk biaya hidup dan keperluan lainnya dan satunya lagi dikhususkan hanya untuk tabungan saja. Jadi buku rekening tabungan ini sebaiknya jangan dibuatkan ATM agar kamu tidak tergoda untuk menariknya. Kenapa harus pisah buku rekening? karena jika uang tabungan dan biaya hidup digabung dalam satu rekening biasanya akan membuat orang lebih tidak konsisten dalam menabung karena tergiur ikut menggabungkan uang tabungan jadi biaya hidup.


6. Kredit

Bagi yang kamu yang susah menabung dibank ataupun celengan mungkin kredit untuk membeli barang impian bisa jadi salah satu pilihan. Kredit juga tergolong seperti menabung, hanya saja kamu akan diberikan barang impian setelah memberikan beberap persen uang muka atau Dp setelah itu kamu akan ditagih setiap bulannya.

Nah mungkin itu 6 cara menabung yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan barang impian kamu, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.