Tips Mencari Penghasilan Tambahan Untuk Anak SMA

Masa remaja atau masa SMA adalah salah satu masa dimana memiliki banyak kebutuhan untuk biaya sekolah seperti buku tulis, uang untuk fotocopy, beli kuota interntet untuk cari kawaban tugas sekolah, kebutuham seragam sekolah dan masih banyak lainnya. Tentunya untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut biasanya anak SMA memiliki masalah keuangan.

Tips Mencari Penghasilan Tambahan Untuk Anak SMA


Untuk mengatasi masalah keuangan atas kebutuhan yang banyak pada masa SMA, kamu bisa mencari penghasilan tambahan tanpa mengganggu jam belajar atau sekolah kamu. Penasaran kan pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan oleh anak SMA untuk mencari penghasilan tambahan, yuk langsung saja simak artikel berikut ini.


1. Jasa Pengetikan

Bagi kamu yang sudah SMA tentunya sudah pasti mempunyai skil mengetik dong, pengetahuan ini bisa kamu gunakan untuk mencari penghasilan tambahan dengan membuka jasa ketik yang bisa kamu promosikan secara online di Facebook, Instagram dan aplikasi sosial media lainnya. Sekarang sudah banyak yang tahu mengetik kak!, walaupun kini banyak orang yang sudah tahu caranya mengetik tapi tak semua orang yang tahu tersebut suka mengetik alias malas. Orang seperti ini biasanya akan lebih memilih untuk menggunakan jasa pengetikan yang tentunya bisa jadi sasaran konsumen kamu.


2. Guru Les

Jago Matematika? kenapa tidak kamu manfaat kelebihan kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi guru les adik kelas kamu atau anak Sekolah Dasar (SD). Gaji rata-rata guru les Rp 30 ribu untuk satu anak dalam satu kali atau hanya beberapa jam pertemuan saja. Jadi jika kamu bisa berperan menjadi guru les untuk dua anak dalam sehari berarti Rp. 30 ribu kali 30 hari atau sebulan kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan sebesar Rp 900 ribu.


3. Photographer

Jadi seorang photographer bisa jadi penghasilan tambahan kamu walaupun masih duduk dibangku SMA. Carilah tempat-tempat yang ramai dikunjungi oleh orang-orang seperti kebun binatang, festival atau pameran. Tawarkan jasa kamu kepada mereka dengan memotret dan kirim filenya ke smartphone mereka, tentunya hasil potretan kamera DSLR jauh berbeda dibanding smartphone. Untuk dua kali potret biasanya jasa ini dihargai Rp 5 ribu, hanya saja kamu perlu kamera yang sudah support dengan bluetooth untuk memudahkan memindahkan file dari kamera ke smartphone.


4. Driver Online

Jika kamu punya kendaraan seperti sepeda motor bisa kamu manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan sebagai driver online.  Kamu bisa mendaftar di perusahaan ojek online seperti Grab, Gojek dan lainnya, rata-rata penghasilan ojek online ini ada dikisaran puluhan hingga ratusan ribu rupiah perharinya. Kamu bisa melakukan pekerjaan ini setelah pulang sekolah hingga sore hari.


5. Blogger

Blogger mungkin kata yang sudah sangat familiar apalagi ditelinga usia anak SMA. Jika kamu mempunyai blogger dan banyak visitor atau pengunjung setiap harinya, kamu bisa daftarkan ke Google Adsense untuk dapat penghasilan tambahan.  Nantinya pihak Google Adsense akan memasang iklan pada blog kamu, iklan yang muncul dilihat dan di klik oleh pengunjung kamulah yang akan memberikan-mu pendapatan.

Jadi seorang Blogger kini memang adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan yang peminatnya bukan hanya anak usia SMA saja, bahkan ada beberapa blogger yang mampu meraup penghasioan puluhan juta perbulan hanya dengan duduk-duduk dikamar menulis artikel.

Nah itulah 5 tips untuk mencari penghasilan tambahan untuk anak SMA, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.